Materi SEO

A.Pengertian SEO

SEO     









 SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda.


1.Pengertian SEO Menurut Para Ahli 
1. Danny Sullivan
Pengertian SEO Menurut Para Ahli #Danny Sullivan
      Pengertian seo menurut Danny Sullivan adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.

2. Neil Patel

Pengertian SEO Menurut Para Ahli #Neil Patel
      Pengertian SEO menurut Neil Patel adalah sebuah seni untuk memahami mesin pencari (search engine) dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah situs/website memiliki peringkat lebih tinggi pada search engine.

3. Dax Herrera

      Misi Google adalah mengorganisir seluruh informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah di akses dan bermanfaat.
Sedangkan misi SEO adalah mengorganisir informasi dari klien untuk membuatnya dapat di akses oleh robot dan menghasilkan uang.

4. Rand Fishkin

Pengertian SEO Menurut Para Ahli #Rand Fishkin
      Pengertian SEO menurut Rand Fishkin adalah kombinasi dari teknik, taktik, dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, seperti:

  1. Kemudahan penggunaan (friendly).
  2. Fokus pada konten (artikel).
  3. Penargetan audiens, pengembangan situs, dan desain
  4. Penelitian tentang kata kunci (keyword), link building.
  5. dan segala macam elemen online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
2.Teknik SEO
 a.Teknik whit hat SEO
      Adalah sutau tkni optimasi SEO yang dipergukan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal atu tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh search engine
 b.Teknik black hat SEO
      Adalah sutau tkni optimasi SEO yang dipergukan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peratuarn dan kebijakan yang ditetapkan oleh search engine

B.Jenis Optimasi SEO
 1.Optimasi SEO on Page
      Bisa disebut juga Optimasi Mesin Pencari, optimasi ini biasanya dilakukan dari dalam Blog/Wesbsite itu sendiri, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan traffik Blog/Wesbsite melalui Search Engine. Membuat artikel/posting yang berkualitas, banyak dicari dan tentunya original adalah termasuk Optimasi SEO On Page, Yang termasuk juga optimasi SEO on page ialah seperti menyelipkan tag alt serta title pada image atau gambar untuk mendesksripsikan artikel melalu image atau gambar tersebut kepada Search Engine (mesin pencari), dan juga seperti memilih CSS yang ringan atau Theme yang SEO friendly. 

 2.Optimasi SEO off Page
      Adalah kebalikan dari Optimasi SEO on page, berarti SEO off page disini adalah optimasi mesin pencari yang dilakukan diluar halaman blog/websie. Optimasi SEO off page ini bertujuan untuk meningkatkan traffik blog/website halaman atau dari sumber yang lain. 
     Contoh optimasi seo off page adalah seperti Submit blog ke web directory, mpempromosikan blog/web di jejaring sosial populer, seperti layaknya Facebook, Twitter dan Google+, dan juga seperti Submit artikel atau posting ke social bookmark, Mencari backlin, menerapkan dan memperbanyak inbound link, dan blogwalking.

C.Cara Kerja dan Keyword dalam SEO
 1.Cara Kerja SEO
    Crawling
      Crawling atau Perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

Indexing
      Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Processing 
      Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.

Calculating Relevancy
       Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

Retrieving Result
      Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.
      Setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang diinputkan. Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara Google dan Yahoo! sedikit berbeda.

 2.Keyword dalam SEO
       Keyword atau kata kunci dalam search engine merupakan hal yang paling penting.Hal ini berkaitan dengan yang akan ditemukan oleh mesin pencari.Riset Keyword adalah sesuatu aspek yanfg vital dari perencanaan search engine optimazation, jika situs perusahaan memasang keyword yang salah, search engine dan costumer tidak akan menemukan website perusahan.Adapun proses riset keyword dapat dijabarkan, sebagai berikut:

D.Srategi SEO

      a.Menentukan Sasaran
         Langakh pertama adalah menentukan sasaran website dengan melihat topik website.Siapa yang akan menjadi target penunjung harus jelas, misalnya berdasarkan kelompok usia, kelompok kepentingan, bahasa website yang digunakan, negara yang dituju, luas cakupan website, dll.Proses ini dapat dibantu dengan menggunakan beberapa alat (software) yang tersedia secara daring.
      b.Menentukan Katagori Kata Kunci
         Jika topik website telah ditentukan taksomoni juga telah dibuat, rist pengategorian kata kunci menjadi lebih mudah.Ada kata kunci yang pendek yang menjadi keharusan untuk dikuasai.
      c.Menetukan Pesaing diMesin Pencari
         Pesaiing dapat diperiksa menggunakan masin pencari dengan cara memmasukan kata kunci dan melihat hasil pencarian.Hasil pencarian menunjukan 10 peringkat.Apabila website anda tidak ada, dapat dikatakan bahwa dafatar 10 peringkat teratas itulah pesaing anda.Apabila mungin. jangan hanya melihat satu mesin pencari, tapi bebebrapa mesin pencari, agar dapat menjadi raja.
      d.Menentukan Website Pesaing
         Setalah melihat hasil pencarian untuk kata kunci.

E.Jenis-jenis SEO
     a. SEO on page 
         SEO on page adalah segala bentuk teknik optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud.
 
1Optimasi SEO on page pada URL
     URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.   
2.Optimasi SEO on page pada domain
     Untuk domain, jika memang Anda gunakan sebagai kata kunci maka disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti "-". Misal kata kunci yang ingin dioptimasi adalah "tutorial toko online" maka akan lebih baik membuat domain "http://tutorialtokoonline.com" daripada "http://tutorial-toko-online.com".
3.Optimasi SEO on page pada judul halaman (title page).
     Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang anda targetkan, karena bagaimana pun
4.Optimasi SEO on page dengan meta description.
     Meta description yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memilik topik sendiri. Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu. a) Panjangnya maksimal 150 karakter. b) Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali. c) Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
5.Optimasi SEO on page pada tag judul(title tag)
     Bagian ini berada pada , dan kodenya adalah: Yang terpenting adalah apa saja yang dapat Anda isikan pada tag judul ini. Harap hati-hati dalam mengisi tag judul, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa tag judul adalah atribut on page yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya. Cara terbaik mengisi tag judul adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu Anda ketahui bahwa semakin di depan, kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi. Jadi sebaiknya format dari isi tag judul adalah: a) Judul artikel saja, atau b) Judul artikel - nama blog. Sebaiknya hindari struktur nama blog: judul artikel, kecuali blog atau web Anda sudah punya reputasi yang sangat baik. 
6.Optimasi SEO on page pada gambar.
      Mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu mesin pencari adalah apa isi dari gambar tersebut. Caranya menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, 70 Direktorat Pembinaan SMK (2013) Pemasaran Online l dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar. Jika melihat contoh pada gambar 3.8 dengan kata kunci "chocolate donuts" maka disarankan menyiapkan gambar dengan nama file "chocolate-donuts.jpg" dan tentunya disertai atribut "title" dan "alt".
7.Optimasi SEO on page pada arikel atau berita 
      Dalam hal ini usahakan keywords density (kepadatan kata kunci) tidak kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah meyebarkan kata kunci tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.
      b. SEO Off Page
          Bila pada on page Anda memanfaatkan web atau blog sendiri, kini pada SEO Off Page Anda diharuskan menjalin interaksi di luar web Anda. Misalnya dengan mencari backlink, entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain. SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan diluar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di mesin pencari berdasarkan target kata kunci yang memiliki hubungan dengan konten.
       Contoh-contoh SEO off page:

1.Submit site map ke webmaster tools.
     Google Webmaster Tools adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para Webmaster (pemilik website). Alat ini membantu agar website atau blog Anda dapat terpantau dengan maksimal oleh Google, dan di sisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada Anda. Sangat dianjurkan untuk mendaftarkan blog Anda pada Google Webmaster Tools. Hal ini dapat membuat website Anda lebih cepat terindeks (setiap artikel baru dapat terindeks dalam hitungan kurang dari satu menit). Tentunya ini akan sangat menguntungkan dalam persaingan artikel, karena untuk topik yang lagi hangat, Google lebih memprioritaskan yang lebih dulu terindeks.
2.Ping Blog.
     Ping Blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan konten terbaru kepada mesin pencari. Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa website atau blog tertentu memiliki konten yang baru.
3.Backlink dari website atau blog lain.
     Backlink adalah link dari blog atau website lain ke blog atau website Anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan, maka blog Anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine.

Perbedaan SEO on page dan SEO off page
       On Page SEO adalah suatu teknik optimasi halaman website secara internal dengan memuat beberapa dasar kata kunci di dalam konten atau artikel. Menerapkan kata kunci dengan tepat akan membuat website anda dinilai relevan oleh mesin pencari. Dan jikalau website anda ternyata lebih relevan ketimbang website lain maka mudah saja untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari
       Berbeda dengan On Page SEO yang mengoptimasi secara internal, Off Page SEO adalah cara mengoptimasi halaman website melalui cara eksternal misalnya seperti Backlink.
      





Tidak ada komentar:

Posting Komentar